5 Tips Meningkatkan Imun Tubuh Saat Puasa

Home / Single Post
tips meningkatkan imun tubuh saat puasa

Agar kamu tetap sehat dan fit sepanjang hari, Lamina Wellness punya beberapa tips yang cukup efektif untuk meningkatkan imun tubuh saat puasa. Sebagaimana kita tahu, puasa memang kerap menimbulkan rasa lemas dan lesu karena menahan lapar dan haus dalam waktu tertentu. Hal ini bisa menyebabkan risiko terjadinya penyakit atau infeksi virus karena menurunnya daya tahan tubuh. 

Untuk mencegah kondisi tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. Seperti apa? Yuk, ikuti tips berikut. 

Konsumsi Makanan Bernutrisi Seimbang Saat Sahur dan Berbuka

Kunci utama dari daya tahan tubuh yang baik adalah asupan makanan bergizi seimbang saat sahur maupun berbuka. Kamu bisa memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan berserat tinggi untuk mendapatkan energi yang cukup selama puasa. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi saat sahur yaitu oatmeal, nasi merah, sayur-sayuran, roti gandum dan jus buah alami.

Saat berbuka, hindari makan dengan berlebihan dan terlalu banyak mengandung gula ataupun pemanis buatan. Hindari konsumsi minuman dalam kemasan, gorengan, ataupun makanan junk food. Kamu bisa memilih menu makanan berbuka yang tinggi karbohidrat, protein dan serat. 

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh 

Untuk menjaga daya tahan tubuh, kamu sebaiknya mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Minumlah air putih sebanyak delapan gelas sehari agar terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kondisi lemas dan pusing saat berpuasa. Minumlah air putih yang cukup saat sahur, berbuka puasa ataupun menjelang waktu tidur agar asupan cairan tetap terjaga. 

Kurangi Konsumsi Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Selama menjalankan puasa, sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung banyak gula. Misalnya, kue manis, donat, jus dalam kemasan atau minuman manis lainnya. Konsumsi gula berlebihan dapat sangat membahayakan tubuh. Risiko penyakit yang bisa terjadi antara lain diabetes, obesitas, dan gangguan jantung. Mulailah untuk mengurangi asupan gula sejak dini. 

Rutin Berolahraga

Berolahraga juga sangat penting dilakukan untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Kamu tak harus melakukan olahraga berat. Cobalah untuk berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya untuk menjaga metabolisme tubuh. Atau bisa juga melakukan yoga dan pilates untuk menjaga kesehatan tulang belakang dan menguatkan otot-otot tubuh. 

Lakukan Terapi Immune Booster

Selain dari asupan makanan, kamu bisa mengonsumsi suplemen dengan kandungan vitamin C, D, E, ataupun kalsium. Apabila kebutuhan vitamin belum tercukupi, maka coba lakukan terapi infus immune booster di Lamina Wellness. Immune booster adalah terapi melalui infus atau suntikan dengan memasukkan vitamin C dan multivitamin lainnya dengan konsentrasi tinggi.

Dengan immune booster, daya tahan tubuh akan meningkat, mencegah infeksi penyakit, membersihkan racun pada tubuh, serta mengoptimalkan fungsi organ tubuh.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap sehat, berenergi dan tidak mudah sakit selama menjalankan ibadah puasa. Jangan malas juga untuk berkonsultasi dengan dokter jika kamu memiliki keluhan penyakit agar dapat segera ditangani dengan baik.

Semoga bermanfaat!

Baca juga: Daya Tahan Tubuh Kamu Lagi Drop? Immune Booster Solusinya

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Share :
Search

Anda Ingin Hidup Lebih Sehat, Bahagia, dan Seimbang?

Follow Us On

Anda Ingin Hidup Lebih Sehat, Bahagia, dan Seimbang?