Rasa Cemas Menyebabkan Nyeri Lambung, Benarkah?

Home / Single Post
nyeri lambung

Nyeri lambung adalah kondisi umum yang sering dialami oleh banyak orang. Rasa nyeri ini biasanya terjadi akibat berbagai faktor, salah satunya yaitu rasa cemas. Kecemasan merupakan respon emosional yang kompleks terhadap situasi yang terasa mengancam atau menekan. Kecemasan yang berkepanjangan dan tidak teratasi dengan baik dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan psikologis seseorang. 

Hubungan Antara Kecemasan dan Nyeri Lambung

Hubungan antara kecemasan dan nyeri lambung dapat terjadi melalui mekanisme fisik dan psikologis. Ketika seseorang mengalami kecemasan, sistem saraf otonom tubuh dapat teraktivasi, yang mengarah pada peningkatan produksi hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Hormon-hormon tersebut dapat mempengaruhi fungsi saluran pencernaan dan menyebabkan perubahan dalam mobilitas usus dan sekresi asam lambung.

Selain itu, kecemasan juga dapat memicu perubahan pola makan dan perilaku makan yang buruk, seperti makan berlebihan atau tidak teratur. Konsumsi makanan yang tidak sehat atau terlalu banyak makanan pedas, berlemak, atau asam juga dapat memperburuk gejalanya. Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan produksi asam lambung, iritasi pada lapisan lambung, dan akhirnya menyebabkan nyeri.

Berdasarkan beberapa studi, tingkat kecemasan yang tinggi secara signifikan berhubungan dengan peningkatan risiko terjadinya rasa sakit pada lambung dan keparahan kondisi yang lebih tinggi.

Cara Mengatasinya

Untuk mengelola gejala nyeri lambung karena efek kecemasan, sangat penting untuk mengatasi dan mengurangi tingkat kecemasan secara efektif. Berikut ini adalah berbagai cara yang dapat membantu meliputi:

Terapi Psikologis

Konsultasikan dengan profesional kesehatan mental seperti psikolog atau psikiater untuk mendapatkan terapi kognitif perilaku atau terapi berorientasi emosi. Terapi ini dapat membantu mengatasi kecemasan dan mengurangi gejalanya.

Teknik Relaksasi

Praktikkan teknik pernapasan dalam seperti meditasi, yoga, atau relaksasi otot secara teratur untuk mengurangi kecemasan dan menenangkan sistem saraf.

Terapkan Gaya Hidup Sehat

Kamu bisa mulai menjaga pola makan yang seimbang dan hindari makanan yang dapat menjadi pemicunya. Misalnya, makanan pedas, berlemak, atau asam. Penting juga untuk menjaga pola tidur yang cukup, melakukan olahraga teratur, dan menghindari stres.

Dukungan Sosial

Cari dukungan dari keluarga, teman, atau kelompok dukungan yang dapat membantu mengurangi kecemasan dan memberikan dukungan emosional.

Kecemasan dapat menjadi faktor yang mempengaruhi terjadinya nyeri lambung. Hubungan antara kecemasan dan nyeri lambung dapat dijelaskan melalui mekanisme fisik dan psikologis yang kompleks. Dengan mengelola kecemasan secara efektif melalui penanganan dan pencegahan yang tepat, gejala nyeri lambung yang disebabkan oleh kecemasan dapat teratasi. 

Kamu juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kami di Lamina Wellness untuk mendapatkan saran serta penanganan yang tepat dalam mengatasi masalah ini. Silakan hubungi kami di nomor 021-7919-6999    atau chat melalui whatsapp ke 0811 1443 599.

Baca juga: Ini Pentingnya Immune Booster untuk Cegah Penyakit

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Share :
Search

Anda Ingin Hidup Lebih Sehat, Bahagia, dan Seimbang?

Follow Us On

Anda Ingin Hidup Lebih Sehat, Bahagia, dan Seimbang?