Mau Tetap Awet Muda dan Cegah Keriput? Yuk, Ikuti Cara Ini!

Home / Single Post
Mencegah Keriput Terapi Antioksidan - Lamina Wellness

Coba deh cek kulit wajah kamu apakah mengalami keriput dan penuaan? Memang, keriput adalah masalah umum yang dihadapi banyak orang seiring bertambahnya usia. Keriput muncul akibat proses alami penuaan, namun paparan sinar matahari berlebihan, polusi, merokok, dan pola makan yang tidak sehat dapat mempercepat proses ini. Salah satu cara efektif untuk mencegah dan mengurangi keriput adalah dengan mengandalkan antioksidan. Nah, apa itu antioksidan, dan bagaimana kita dapat memanfaatkannya dalam rutinitas perawatan kulit untuk menjaganya tetap muda dan sehat? Simak ulasan berikut ya. 

Apa itu Antioksidan?

Mencegah Keriput Terapi Antioksidan - Lamina Wellness

Antioksidan adalah senyawa yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan proses penuaan dini. Radikal bebas dihasilkan oleh berbagai faktor eksternal, termasuk paparan sinar matahari, polusi, dan asap rokok. Antioksidan bekerja dengan mengikat radikal bebas sehingga mereka tidak merusak sel-sel sehat.

 

 

 

Bagaimana Antioksidan Bekerja Melawan Keriput?

Ketika kulit terpapar radikal bebas, serat elastin dan kolagen yang memberikan kekuatan dan elastisitas kulit dapat rusak. Ini mengakibatkan kulit kehilangan elastisitasnya dan menyebabkan munculnya keriput dan garis-garis halus. Antioksidan membantu melawan keriput dengan dua cara utama:

  • Perlindungan dari Radikal Bebas: Antioksidan bertindak sebagai perangkap bagi radikal bebas, mengurangi potensi kerusakan yang dapat mereka sebabkan pada kulit. Ini membantu menjaga elastisitas kulit dan mencegah pembentukan keriput.
  • Memperbaiki Kerusakan Kulit: Beberapa antioksidan memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan kulit yang telah terjadi akibat paparan radikal bebas. Dengan merangsang regenerasi sel-sel kulit, antioksidan membantu memperbaiki kerusakan dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Antioksidan Umum untuk Mencegah Keriput

Berikut adalah beberapa antioksidan yang efektif dalam mencegah keriput dan merawat kulit:

  • Vitamin C: Meningkatkan produksi kolagen, membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan meningkatkan kesehatan sel kulit.
  • Vitamin E: Melindungi kulit dari kerusakan oksidatif dan membantu memperbaiki kerusakan kulit yang ada.
  • Beta-karoten: Diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, yang membantu menjaga kelembapan kulit dan meningkatkan regenerasi sel.
  • Selenium: Melindungi kulit dari radikal bebas dan mendukung kesehatan sel.
  • Flavonoid: Mengurangi kerusakan kulit karena sinar UV dan meningkatkan tekstur kulit.
  • Koenzim Q10: Mendukung produksi energi sel dan melindungi kulit dari kerusakan oksidatif.

Memanfaatkan Antioksidan dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Untuk memanfaatkan manfaat antioksidan dalam rutinitas perawatan kulit, pertimbangkan tips berikut:

  • Gunakan Produk Perawatan Kulit Berbahan Dasar Antioksidan: Pilih krim, serum, atau pelembap yang mengandung antioksidan utama seperti vitamin C, vitamin E, atau beta-karoten.
  • Gunakan Tabir Surya: Antioksidan bekerja lebih efektif saat pemakaiannya bersamaan dengan tabir surya. Lindungi kulit Anda dari paparan sinar UV dengan menggunakan tabir surya dengan SPF yang sesuai.
  • Makan Makanan Kaya Antioksidan: Sertakan makanan seperti buah-buahan segar, sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan berlemak dalam diet Anda.
  • Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebihan: Batasi paparan sinar matahari, terutama selama jam-jam terik, dan kenakan pakaian pelindung serta topi lebar.
  • Hindari Merokok dan Konsumsi Alkohol yang Berlebihan: Kedua kebiasaan ini dapat mempercepat proses penuaan dan menyebabkan kerusakan pada kulit.

Mencegah keriput dengan antioksidan adalah pilihan alami dan efektif untuk menjaga kulit tetap awet muda dan sehat. Antioksidan melindungi kulit dari radikal bebas dan membantu memperbaiki kerusakan yang telah terjadi. Dengan memasukkan antioksidan dalam rutinitas perawatan kulit dan gaya hidup sehari-hari, Anda dapat mengurangi risiko keriput dan mempertahankan kulit yang indah dan sehat sepanjang waktu. 

Terapi infus antioksidan juga bisa kamu dapatkan di Lamina Wellness. Sebelum melakukan terapi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar dosis antioksidan dapat sesuai dengan kondisi kesehatan kamu. 

Untuk berkonsultasi, langsung saja hubungi tim Assistance Center Lamina Wellness di nomor 021-7919-6999 atau chat melalui whatsapp ke 0811-1443-599.

Baca juga: Cegah Penuaan Dini dengan Antioksidan

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu Antioksidan?

Antioksidan adalah senyawa yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan proses penuaan dini. Antioksidan bekerja dengan mengikat radikal bebas sehingga mereka tidak merusak sel-sel sehat.

Apa Antioksidan Umum yang Dapat Mencegah Keriput?

Berikut adalah beberapa antioksidan yang efektif dalam mencegah keriput dan merawat kulit: Vitamin C, Vitamin E, Beta-karoten, Selenium, Flavonoid dan Koenzim Q10

Bagaimana Cara Memanfaatkan Antioksidan dalam Rutinitas Perawatan Kulit?

Untuk memanfaatkan antioksidan dalam rutinitas perawatan kulit, pertimbangkan tips berikut: 1. Gunakan produk perawatan kulit berbahan dasar antioksidan 2. Gunakan tabir surya 3. Makan makanan kaya antioksidan 4. Hindari paparan sinar matahari berlebihan 5. Hindari merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Share :
Search

Anda Ingin Hidup Lebih Sehat, Bahagia, dan Seimbang?

Follow Us On

Anda Ingin Hidup Lebih Sehat, Bahagia, dan Seimbang?