Manfaat Terapi Kelasi untuk Penyakit Jantung

Home / Single Post
manfaat terapi kelasi untuk penyakit jantung

Ada banyak manfaat dari terapi kelasi atau chelation therapy, salah satunya yaitu untuk mengatasi penyakit jantung. Mengutip laman National Center for Complementary and Integrative Health, penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian baik pada wanita maupun laki-laki di Amerika Serikat. Penyakit jantung koroner juga turut menyumbang angka kematian sebanyak 37.000 kasus setiap tahunnya. 

Saat ini, beberapa orang masih merasa takut terhadap operasi jantung ataupun pemasangan ring karena alasan risiko kesehatan seperti kematian, infeksi, dan perdarahan. Perubahan gaya hidup pada penderita sakit jantung pun perlu diperhatikan, misalnya diet makanan sehat yang  baik untuk jantung, berhenti merokok dan mulai rutin melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki.

Selain aktivitas tersebut, kamu juga bisa mencoba terapi kelasi yang ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Apa itu terapi kelasi dan manfaatnya? Yuk, simak ulasannya berikut. 

Terapi Kelasi

Terapi kelasi memang telah lama digunakan sebagai perawatan untuk membuang logam beracun seperti merkuri dan timbal dari dalam tubuh. Namun, beberapa studi juga mengungkapkan bahwa terapi ini juga dapat mengatasi penyakit jantung dan stroke. Cara kerjanya yaitu dengan menggunakan ethylenediaminetetraacetic acid (EDTA) untuk mengikat logam dan mineral pada aliran darah dan menciptakan senyawa yang kemudian akan terbuang dari tubuh melalui urin. 

Manfaat Terapi Kelasi Untuk Pengobatan Penyakit Jantung

Terapi ini juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit jantung karena EDTA dapat mengikat kalsium yang terdapat pada tumpukan lemak (plak) pada arteri. 

Ada beberapa studi terkait terapi kelasi untuk penyakit jantung, antara lain: 

  • Studi dari The Trial to Assess Chelation Therapy (TACT) memang belum memberikan bukti bahwa terapi kelasi dapat menyembuhkan penyakit jantung. Namun, terapi ini dapat memberikan perlindungan/ pencegahan terhadap penyakit yang berkaitan dengan gangguan jantung dan pembuluh darah. Misalnya, stroke dan serangan jantung pada penderita kencing manis.
  • The American Heart Association and the American College of Cardiology mengungkapkan bahwa terapi kelasi juga berperan penting dalam penanganan terhadap penyakit jantung.
  • Terapi kelasi dapat membuang racun logam dari darah sehingga dapat menghancurkan timbunan lemak di pembuluh darah. 

Efek samping Terapi Kelasi 

Penting bagi anda untuk mengetahui beberapa efek samping yang dapat terjadi setelah terapi kelasi. Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin anda alami setelah melakukan terapi kelasi:

  1. Pusing
  2. Demam
  3. Mual dan muntah
  4. Dehidrasi
  5. Penurunan kadar gula darah

Maka dari itu sebelum menjalani terapi kelasi, Dokter akan menyarankan beberapa pemeriksaan terlebih dahulu untuk mencegah terjadi efek samping tersebut. Penting untuk anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli kami melalui nomor 021-7919-6999 atau chat via whatsapp ke 0811 1443 599. 

Semoga sehat selalu!

Baca juga: Sering Lemas dan Mengantuk? Ini Cara Mengatasinya

Referensi: 

National Library of Medicine. Chelation therapy for atherosclerotic cardiovascular disease.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7198985/

National Center for Complementary and Integrative Health. Chelation for Coronary Heart Disease: What You Need To Know. 

https://www.nccih.nih.gov/health/chelation-for-coronary-heart-disease-what-you-need-to-know


Mayo Clinic. Chelation Therapy for Heart Disease. Does it Work?

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/expert-answers/chelation-therapy/faq-20157449#:~:text=Chelation%20therapy%20has%20long%20been,treat%20heart%20disease%20and%20stroke.

Artikel ini telah ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Share :
Search

Anda Ingin Hidup Lebih Sehat, Bahagia, dan Seimbang?

Follow Us On

Anda Ingin Hidup Lebih Sehat, Bahagia, dan Seimbang?