Manfaat Bawang Putih untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Home / Single Post
Manfaat Bawang Putih untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh - Lamina Wellness

Sering muncul pertanyaan apakah bawang putih bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh? Nah, bawang putih (Allium sativum) memang telah lama digunakan secara tradisional sebagai bahan makanan dan obat-obatan di berbagai budaya selama ribuan tahun. Selain memberikan aroma dan rasa yang khas pada masakan, bawang putih juga terkenal karena manfaat kesehatannya yang beragam. Salah satu manfaat yang paling menonjol adalah kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kolesterol adalah senyawa lemak yang penting untuk fungsi normal tubuh. Namun, jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi, hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, termasuk penyakit jantung dan stroke. Beruntungnya, bawang putih telah terbukti efektif dalam membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). 

Manfaat Bawang Putih

Berikut ini beberapa alasan mengapa bawang putih dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

1. Menghambat Sintesis Kolesterol

Manfaat Bawang Putih untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh - Lamina Wellness

Bawang putih mengandung senyawa belerang yaitu allicin, yang memberikan efek menghambat enzim yang terlibat dalam produksi kolesterol di hati. Dengan mengurangi sintesis kolesterol, bawang putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh.

2. Meningkatkan Metabolisme Lemak

Mengonsumsi makanan yang mengandung bawang putih dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak dalam tubuh. Hal ini membantu mengurangi penumpukan lemak di arteri dan membantu memperbaiki profil lipid dengan menurunkan kadar LDL dan trigliserida.

3. Mencegah Oksidasi Kolesterol

Bahan makanan satu ini mengandung antioksidan yang kuat, seperti senyawa sulfur dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melindungi kolesterol dari kerusakan oksidatif. Kolesterol yang teroksidasi dapat menyebabkan peradangan dan aterosklerosis, sehingga mencegah oksidasi kolesterol dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Selain manfaatnya dalam menurunkan kolesterol, bawang putih juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama penyakit jantung. Dengan menurunkan tekanan darah, bawang putih dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

Bawang putih sebaiknya digunakan sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Meskipun bawang putih dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung, penggunaannya sebagai satu-satunya tindakan untuk menurunkan kolesterol mungkin tidak mencukupi. Kamu sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang tepat mengenai penggunaan bawang putih sebagai bagian dari pengobatan.

Baca juga: Mengenal Aterosklerosis dan Penanganannya

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu Kolesterol?

Kolesterol adalah senyawa lemak yang penting untuk fungsi normal tubuh. Namun, jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi, hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, termasuk penyakit jantung dan stroke.

Apa Manfaat Bawang Putih untuk Kolesterol?

Berikut beberapa manfaatnya: 1. Menghambat sintesis kolesterol 2. Meningkatkan metabolisme lemak 3. Mencegah oksidasi kolesterol 4. Menurunkan tekanan darah

Kenapa Bawang Putih dapat Mengurangi sintesis kolesterol?

Bawang putih mengandung senyawa belerang yaitu allicin, yang memberikan efek menghambat enzim yang terlibat dalam produksi kolesterol di hati. Dengan mengurangi sintesis kolesterol, bawang putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh.

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Share :
Search

Anda Ingin Hidup Lebih Sehat, Bahagia, dan Seimbang?

Follow Us On

Anda Ingin Hidup Lebih Sehat, Bahagia, dan Seimbang?