5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Dapat Merusak Ginjal

Home / Single Post
Kebiasaan yang Tanpa Disadari Dapat Merusak Ginjal - Lamina Wellness

Saat bekerja di kantor, Anda mungkin sering lupa untuk sering minum air putih. Padahal, kebiasaan ini ternyata dapat merusak ginjal. Ginjal merupakan organ vital yang berperan dalam menyaring limbah dari darah dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Namun, ada berbagai kebiasaan yang bisa merusak ginjal jika dilakukan secara terus-menerus.

Kebiasaan yang Dapat Merusak Ginjal

Ada beberapa kebiasaan yang dapat merusak ginjal dan sebaiknya Anda hindari, antara lain:

  • Konsumsi Garam Berlebihan

Garam dalam jumlah besar dapat meningkatkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit ginjal. Mengurangi konsumsi garam adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan ginjal.

  • Kurang Minum Air

Dehidrasi dapat memperlambat fungsi ginjal dan menyebabkan kerusakan jangka panjang. Disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air per hari.

  • Konsumsi Obat Penghilang Nyeri Berlebihan

Penggunaan obat antiinflamasi non steroid (NSAID) yang berlebihan dapat merusak ginjal. Penting untuk mengikuti dosis yang dianjurkan dan berkonsultasi dengan dokter.

  • Diet Tinggi Protein

Konsumsi protein berlebihan, terutama dari sumber hewani, dapat membebani ginjal. Diet seimbang yang mencakup sayuran dan buah-buahan sangat dianjurkan.

  • Merokok dan Konsumsi Alkohol

Kedua kebiasaan ini dapat merusak pembuluh darah dan memperburuk fungsi ginjal. Berhenti merokok dan mengurangi konsumsi alkohol adalah langkah penting untuk melindungi ginjal.

Cara Mencegah Kerusakan Ginjal dengan Terapi Kelasi

Terapi kelasi adalah metode pengobatan yang digunakan untuk mengeluarkan logam berat dari tubuh, yang dapat merusak ginjal. Terapi ini memanfaatkan penggunaan agen kelasi yang bertujuan untuk mengikat logam berat dan mengeluarkannya melalui urin.

Terapi kelasi menggunakan zat-zat seperti EDTA (ethylene diamine tetraacetic acid) yang disuntikkan ke dalam tubuh untuk mengikat logam berat seperti timbal, merkuri, dan arsenik. Setelah terikat, logam berat ini dikeluarkan melalui urin.

Manfaat Terapi Kelasi

Terapi kelasi memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, yaitu:

  • Membantu mengurangi beban logam berat pada ginjal
  • Meningkatkan fungsi ginjal dengan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh logam berat
  • Dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan mengeluarkan toksin dari tubuh

Ginjal adalah organ yang sangat penting untuk kesehatan kita, dan menjaga kebiasaan yang sehat adalah kunci untuk melindunginya. Menghindari konsumsi garam dan protein berlebihan, cukup minum air, serta menghindari merokok dan konsumsi alkohol adalah langkah-langkah penting. Jika terdapat risiko kerusakan ginjal akibat logam berat, terapi kelasi bisa menjadi solusi yang efektif dengan pengawasan medis yang tepat.

Bila Anda memiliki masalah pada ginjal, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kami di Lamina Wellness. Dokter akan melakukan anamnesis dan serangkaian pemeriksaan guna memberikan diagnosis dan terapi pengobatan yang sesuai kondisi kesehatan Anda.

Anda bisa membuat janji konsultasi terlebih dahulu melalui chat ke nomor Whatsapp Lamina Wellness di 0811-1443-599.

Baca juga: Rekomendasi Klinik Terpercaya Terapi Kelasi di Jakarta

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Kerusakan Ginjal?

Mengkonsumsi garam berlebih, kurang minum air mineral, merokok dan konsumsi alkohol dapat merusak ginjal dan sebaiknya Anda hindari.

Bagaimana Cara Mencegah Kerusakan Ginjal dengan Terapi Kelasi?

Terapi kelasi adalah metode pengobatan yang digunakan untuk mengeluarkan logam berat dari tubuh, yang dapat merusak ginjal. Terapi ini memanfaatkan penggunaan agen kelasi yang bertujuan untuk mengikat logam berat dan mengeluarkannya melalui urin.

Apa Manfaat Terasi Kelasi untuk Mencegah Kerusakan Ginjal?

Beberapa manfaatnya antara lain: 1. Membantu mengurangi beban logam berat pada ginjal 2. Meningkatkan fungsi ginjal 3. Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

***

Featured photo by chormail from Freepik

Share :
Search

Anda Ingin Hidup Lebih Sehat, Bahagia, dan Seimbang?

Follow Us On

Anda Ingin Hidup Lebih Sehat, Bahagia, dan Seimbang?