Atasi Insomnia dengan Terapi Akupunktur

Home / Single Post
atasi insomnia dengan akupunktur

Kamu sering mengalami susah tidur? Susah tidur atau yang dikenal dengan insomnia merupakan keluhan yang umum terjadi di masyarakat modern saat ini. Hal ini dapat menyebabkan pola tidur berantakan dan tidak berkualitas. Tidur yang tidak berkualitas tentu akan menyebabkan rasa lemas, sakit kepala, penurunan konsentrasi terhadap suatu hal, menurunnya sistem imun, gangguan hormon dan masalah kesehatan lainnya. Lantas, adakah cara yang efektif untuk mengatasi gangguan tidur ini? Berikut penjelasan selengkapnya.

Sekilas Tentang Insomnia

Insomnia adalah gangguan kesehatan yang membuat penderitanya sering sulit tidur atau tidak cukup tidur, padahal terdapat waktu yang cukup untuk melakukannya. Gangguan ini dapat mempengaruhi aktivitas yang dilakukan esok harinya, seperti mengantuk yang berlebihan, cemas, kelelahan, penurunan kognitif dan menjadi tidak produktif.

Tidur itu sendiri merupakan salah satu cara untuk melepaskan rasa lelah pada jasmani dan mental akibat beraktivitas seharian.Kualitas tidur yang baik sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang. Pada umumnya, waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa yakni 8 jam setiap harinya. 

Macam-macam Insomnia

Berikut adalah beberapa jenis insomnia yang mungkin terjadi:

  1. Insomnia onset: Kesulitan untuk memulai tidur di malam hari.
  2. Insomnia maintenance: Kesulitan untuk mempertahankan tidur, sering terbangun di malam hari dan sulit untuk kembali tidur.
  3. Insomnia akut: Terjadi hanya dalam jangka waktu pendek, biasanya dalam beberapa hari hingga beberapa minggu. Dapat disebabkan oleh stres atau perubahan keadaan.
  4. Insomnia kronis: Terjadi dalam jangka waktu lama, biasanya lebih dari tiga bulan. Dapat disebabkan oleh masalah medis atau gaya hidup yang buruk.
  5. Insomnia berulang: Terjadi dalam siklus, di mana penderita menderita insomnia selama beberapa periode tertentu, kemudian memiliki periode tidur yang normal, dan kemudian kembali lagi ke insomnia.
  6. Insomnia idiopatik: Tidak memiliki penyebab yang jelas dan mungkin terjadi tanpa faktor risiko tertentu.

Ciri-ciri Insomnia

  • Sering sulit tidur di malam hari 
  • Sulit mempertahankan tidur yang efektif setelah tertidur
  • Sering terbangun di malam hari dan susah untuk tidur kembali
  • Bangun sering lebih awal di waktu yang tidak diinginkan

Penyebabnya

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang sulit tidur, baik dari faktor fisik maupun psikologis:

  • Bermain gadget secara berlebihan
  • Masalah psikologis, seperti bipolar, depresi, ataupun gangguan kecemasan
  • Gangguan irama sirkadian, misalnya terkena jet lag, berada di ketinggian, tempat bising atau perubahan shift kerja. 
  • Menderita penyakit tertentu: Nyeri kronis, stroke, tumor otak, gangguan lambung (GERD), sindrom kelelahan kronis, sleep apnea, dan penyakit lainnya
  • Perubahan hormon yang terjadi pada perempuan post menopause atau karena stres

Bagaimana Mengatasi Insomnia? 

Akupunktur merupakan terapi yang kini sangat populer dan juga efektif dalam mengatasi insomnia. Manfaat terapi ini yaitu untuk mengembalikan fungsi fisiologis dan keseimbangan tubuh. Akupunktur bekerja dengan cara memasukkan jarum khusus dan tipis ke dalam titik akupunktur tertentu. Namun, ada kontraindikasi bagi penggunaan jarum bagi pasien dengan daya tahan tubuh yang sedang menurun, sebab dapat menjadi akses masuk bagi virus atau bakteri. 

Terapi akupunktur terbukti dapat meningkatkan kandungan endorphin, serotonin, melatonin, dan menurunkan kadar glutamat. Dengan berbagai manfaat tersebut, akupunktur dapat meningkatkan efisiensi tidur, mengurangi tingkat keparahan insomnia, membantu memperpanjang waktu tidur, dan meredakan kecemasan serta depresi.

Apabila kamu memiliki keluhan insomnia dan gangguan tidur lainnya, pilihan terapi akupunktur sangatlah tepat untuk memberikan efek tidur lebih mudah dan lebih lama. Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli kami di Lamina Wellness dengan menghubungi nomor 021-7919-6999, atau chat via whatsapp ke 0811 1443 599.

Baca juga: Akupunktur Medis: Solusi Terkini Hidup Sehat Bebas Nyeri

Referensi: 

National Library of Medicine. Acupuncture for Treatment of Insomnia: A Systematic Review of Randomized Controlled Trials.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3156618/

Healthline.How Acupuncture Can Optimize Sleep Patterns and Free You from Insomnia.

https://www.healthline.com/health/acupuncture-for-sleep

Artikel ini telah ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Share :
Search

Anda Ingin Hidup Lebih Sehat, Bahagia, dan Seimbang?

Follow Us On

Anda Ingin Hidup Lebih Sehat, Bahagia, dan Seimbang?